Februari 25, 2024

FORBHIN Forum Bhinneka Indonesia

Forum Bhinneka Indonesia merupakan sebuah organisasi masyarakat berpolitik pengusung Jokowi sebagai presiden dan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024

Ketua Umum Forbhin Karlina Puspa turut mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat uji coba LRT di Palembang

Palembang, Mulai diuji coba untuk pertama kalinya Kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang dari stasiun DJKA menuju bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Senin (23/7/2018). Uji coba operasi ini diikuti langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar serta para ASN dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel. Bahkan beberapa orang warga di sekitar Jakabaring juga ikut menikmati uji coba tersebut.

Tidak ketinggalan Ketua Umum Forbhin Karlina Puspa turut mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Karlina Puspa yang juga berasal dari Palembang mengatakan “Sebuah kemajuan teknologi terhadap moda transportasi publik ini diharapkan dapat mendorong kemajuan dan kelancaran aktifitas bagi masyarakat Palembang. Dan LRT ini segera siap untuk memperlancar kegiatan Asian Games yang sebagian diadakan di Stadion Jakabaring Palembang”.

Hasil uji coba operasi pertama kali ini, dua trainset LRT berhasil menuju bandara SMB II dengan rentan waktu 60 menit. Serta pemberhentian dua kali, yakni di stasiun Palembang Icon (PI) dan terakhir SMB II. Pada waktu yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan bahwa “Oktober 2018 nanti LRT Palembang sudah melayani 13 stasiun, sekarang sudah 6 stasiun yang dilayani LRT Palembang. Dalam waktu 2 bulan ke depan pelayanan akan terus ditingkatkan,””Harapannya LRT Palembang ini jadi angkutan utama bagi masyarakat, harus jadi kesadaran bersama bahwa suatu kota masa depan itu menggunakan angkutan massal yang modern sehingga mengurangi kemacetan di jalan,” tambah Menhub.

Menhub juga menjelaskan selepas perhelatan Asian Games 2018 nanti akan mulai dikenakan tarif untuk penggunaan layanan LRT ini.”Mulai 3 September 2018 nanti akan mulai dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 namun jika ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan dikenakan Rp. 10.000. Pemerintah akan memberikan subsidi selama 3 tahun ini agar tarif yang terjangkau bagi masyarakat,” ujar Menhub Budi Karya.