Februari 25, 2024

FORBHIN Forum Bhinneka Indonesia

Forum Bhinneka Indonesia merupakan sebuah organisasi masyarakat berpolitik pengusung Jokowi sebagai presiden dan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024

Jakarta, 13 November 2023. Mentang-mentang anak Presiden, Gibran halalkan segala cara. Ya, kalimat tersebut menjadi bagian unjuk rasa dari Aliansi Penyelamat Konstitusi (APK) pada hari ini di depan KPURI.

Unjuk rasa dilakukan atas dasar masyarakat yang menuntut agar MK dan penyelenggara pemilu serta aparat tetap netral. Imbas dari keputusan mantan ketua MK Anwar Usman yang memicu ketegangan dalam masyarakat sebab keputusannya merupakan hasil kanibalisme konstitusi demi meloloskan seseorang yang merupakan keponakannya. Sehingga keputusannya menjadi media bagi keponakannya maju sebagai cawapres.

APK menilai bahwa apabila MK tidak menjalankan sesuai konstitusi maka dikhawatirkan apabila ada sengketa pemilu dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan. APK menyampaikan bahwa keputusan salah dari mantan ketua MK Anwar Usman tidak disertai peraturan yang sama dengan KPU. Dan keputusan KPU pun harus disetujui oleh DPR-RI.

Sampai di sini masyarakat banyak yang tidak paham karena memang minimnya pengetahuan akan ilmu hukum. Sehingga masyarakat akan susah dalam mencerna apa yang sedang terjadi dalam pemilu 2024. Masyarakat hanya tau bahwa ini pertarungan antar 3 pasangan capres cawapres saja.

Unjuk rasa dari Aliansi Penyelamat Konstitusi membawa alat peraga seperti keranda mayat dan bendera kuning. Dua alat tersebut memberikan arti matinya nurani para hakim yang memberikan persetujuan lolosnya anak Presiden. Sebab 5 hakim dari 9 hakim MK mengabulkan tuntutan agar lolosnya Gibran menjadi cawapres meskipun diantara mereka masih dengan catatan.

Baca juga ini Karlina Puspa memberikan apresiasi kepada ….

Seharusnya diperlukan edukasi dengan mengadaptasi bahasa akar rumput agar mudah dipahami bahwa keputusan meloloskan Gibran sebagai cawapres adalah cacat moral, cacat formil dan cacat etika, ujar Mixil sebagai ketua gerakan APK

Adapun beberapa tuntutan dalam unjuk rasa oleh APK adalah :

Tuntutannya

  1. Proses Pencalonan Prabowo-Gibran cacat formil, etika dan moral.
  2. Mendesak KPU untuk mendiskualifikasi bacawapres Gibran karena pencalonan Prabowo-Gibran bertentangan dengan UU Pemilu dan PKPU.
  3. Menuntut kepada KPU, Bawaslu, ASN dan aparat negara (TNI & Polri) agar bertindak NETRAL dalam Pemilu 2024
  4. Menghimbau kepada Masyarakat untuk tidak memilih pemimpin yang melanggar Konstitusi dengan sengaja merubah UU demi kekuasaan.

foto-foto by Aldo di WhatsApp Group APK

#kamimuak #2024kamimuak

Video lihat di sini