Februari 25, 2024

FORBHIN Forum Bhinneka Indonesia

Forum Bhinneka Indonesia merupakan sebuah organisasi masyarakat berpolitik pengusung Jokowi sebagai presiden dan Ganjar Pranowo sebagai presiden 2024

Kebaya Berdansa yang diselenggarakan oleh Forbhin bersama Central Park guna tunjukkan identitas bangsa.

Berbagai komunitas perempuan berkebaya yang tergabung dalam koalisi tradisikebaya.id, turut menari dan berdansa dalam acara Kebaya Goes to UNESCO berDansa di Tribeca Park, Central Park, Jakarta Barat. Mereka terus berkampanye menggaungkan kebaya sebagai identitas Bangsa Indonesia.

Koalisi tersebut terdiri dari Forum Bhinneka Indonesia (Forbhin), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Asosiasi Komunitas Musisi Indie Kreatif (ASKOMIK), Kamar Musik Nusantara (KMN), dan lainnya yang juga turut mendukung seperti Dapur Cokelat bersama Central Park.

Ketua Umum Forbhin, Karlina Puspa mengatakan Kebaya berDansa ini digelar dengan berkampanye guna mendorong kebaya sebagai warisannya budaya tak benda oleh UNESCO. Gerakan ini juga sebagai bentuk pelestarian dan identitas bangsa, bahkan animo masyarakat yang berpartisipasi di acara ini sangat besar.”Kebaya harus menjadi identitas Bangsa Indonesia. Kita bisa berkebaya dalam kehidupan sehari-hari seperti acara keluarga, hari raya, arisan, dan lainnya. Jadi tidak harus perlu menunggu acara khusus memakainya, karena dengan berbusana kebaya, wanita terlihat lebih cantik, cerdas dan luar biasa,” kata Karlina dalam keterangannya Selasa (30/8/2022).

Ia menambahkan sebagai bagian dari tradisi, sudah sewajarnya perempuan Indonesia bersama-sama mendukung dan menggaungkan kebaya adalah Indonesia. Hal ini sebagai identitas budaya Tanah Air dan menjadi ciri khas wanita Indonesia.”Kami senang sekali, karena ramai di luar dugaan. Semuanya bergembira dan memakai kebaya. Dan kebaya ternyata sangat luwes bisa dipakai di event apa saja. Harapannya, ke depan kita bersama-sama memperjuangkan kebaya sampai ke UNESCO dan kebaya menjadi sah milik Indonesia, menjadi ciri khas dan identitas perempuan Indonesia. Kebaya adalah Indonesia,” tegas Karlina.

Sumber : BeritaSatu.com